Jual Firmware Android

Friday, 5 May 2017

Penyebab dan Cara mengatasi HP Android Cepat Panas

Loading...

Penyebab dan Cara mengatasi HP Android Cepat Panas

Baik, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi hp android cepat panas. Tema ini sepertinya sudah menjadi pertanyaan umum yang banyak keluar dari para pengguna hp android. Karena hal ini mungkin banyak dialami oleh kebanyakan orang.

Dengan panasnya hp android berarti daya baterai yang ada di hp tersebut akan menyebabkan baterai akan cepat habis. Karena panasnya hp android tersebut akan memakan daya yang lebih bila dibandingkan dengan kondisi termal pada saat normal. Dengan itu pasti anda ingin tahu penyebab dan cara mengatasi android cepat panas.

Faktor pemicunya sangat banyak sekali, ini akan saya uraikan dibawah nanti. Tentunya dengan hp android yang cepat panas ini akan membuat tidak nyaman untuk digunakan.

Berikut akan saya sampaikan rangkuman faktor penyebab dan cara mengatasi hp android cepat panas :

1. IC RF

IC RF yang berfungsi sebagai pengelola gelombang signal tersebut menjadi sebab umum terjadinya hp android cepat panas. Bila RF ini bekerja terus menerus tanpa ampun, maka IC ini akan mengalami indikasi panas dan ini akan menyebar ke bagian boot lain yang terdapat kandungan konduktor dalam hp tersebut.

Bahkan dibeberapa kejadian faktor kelelahan RF  ini sebagai pemicu fatal terjadi matinya sebuah hp android.
Maka jangan heran bila hp anda tiba-tiba mati saat anda menggunakan lalu-lintas data yang tidak wajar.

Tips dan Trik :
  • Jika Hp anda mengalami hal serupa maka segera matikan hp anda, dan biarkan sampai keadaan dingin kembali baru kemudian anda gunakan kembali.
  • Bila setelah hp di hidupkan masih terjadi panas secara cepat, maka segeralah lepaskan baterai lagi kemudian lakukan pengecekan dengan multimeter atau power Supply. Dan jika anda tidak mempunyai kedua alat tersebut, datanglah ke teknisi handphone terdekat
  • Ada kemungkinan jika sudah tidak memungkinkan akan dilakukan penggantian RF

2. Short/ Konslet

Banyak orang yang tidak menyadari kalau hal ini bisa terjadi tiba-tiba pada handphone mereka. Dan untuk orang awan mungkin beranggapan bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi, padahal hp tidak jatuh, kena air dan lain-lain.
Komponen material yang digunakan dalam hp bukanlah komponen yang tidak bisa rusak. Jika salah satu terjadi short/arus pendek maka semua arus yang berjalan akan tidak normal. Dan hal itu akan menjadi penyebab Hp android cepat panas.

Berikut komponen hp yang mudah terjadi short/konslet rusak dan solusinya :
  • RF ( salah satu engelola keluar masuknya signal ) - Lakukan penggantian
  • Kapasitor (  komponen yang rata berada di semua lini )- Ganti atau dicabut
  • EMMC ( IC semua pengontrol system handphone, mulai dari port software dan hardware )- Ganti
  • Koil ( komponen yang berhubungan dengan lampu, termasuk lampu lcd dan keypad )-Ganti
Perhatian : Jangan biasakan menggunakan Hp android anda sambil di cas dan Cabutlah pengecasan baterai setelah daya baterai sudah terisi penuh

3. Software

Jangan salah, Software juga berpengaruh besar sebagai penyebab hp android cepat panas. Ciri-ciri software bermasalah yaitu, aplikasi berjalan sangat lambat atau bahkan blank tidak berjalan sama sekali saat anda melakukan sebuah perintah.
Bila anda membiarkan hal itu terjadi terus menerus bukan tidak mungkin akan mengakibatkan EMMC akan rusak.

Dan yang anda harus lakukan untuk mengatasi hp android cepat panas jika hal itu berkaitan dengan hal ini adalah :
  • Cek space kapasitas RAM yang tersisa. Masuk ke pengaturan->aplikasi->aplikasi yang berjalan. Jika space ram anda terlalu penuh, eliminasi/uninstal aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting atau memakan ruang terlalu besar.
  • Lihat space Memori android anda. jika ruang terlalu penuh ini akan menghambat laju aplikasi anda dalam penyimpanan data dan  chache yang selalu dimuntahkan aplikasi yang anda jalankan. Cek ruang kapasitas anda dan hapus chache dan data yang sekiranya anda tidak terlalu butuhkan. lakukan hal ini secara berkala
  • Jika cara kedua diatas tidak bisa juga, lakukan Factory Reset atau Flash ulang HP android yang cepat panas itu. tentunya jika ada data penting lakukan back up terlebih dahulu.

4. Simcard

Apabila gelombang signal yang android anda terima tidak sempurna atau memang istilahnya susah signal , maka hal ini akan berdampak pada kerja kerasnya sebuah RF. Dan seperti yang saya sebutkan di no1 , jika RF dipaksa untuk menerima gelombang yang tidak sempurna dan terus menerus , hal ini akan menyebabkan HP android anda cepat panas .

Dan solusinya adalah ganti simcard anda ,dimana daerah anda bisa menerima sinyal dengan baik. Jangan menggunakan simcard hanya berdasarkan murah dan banyak bonusnya.

Demikian uraian singkat ini tentang penyebab dan cara mengatasi hp android cepat panas. Mungkin tulisan ini hanya sebatas garis besar saja dan kurang detail dalam hal/masalah tingkat pengukuran komponen yang lebih dalam. Karena penyampaian ini hanya diperuntukan untuk orang awam saja. semoga bermanfaat.

Loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon