Jual Firmware Android

Tuesday, 15 August 2017

Efek Samping dari Hibernasi Aplikasi Pada Android [Warning]

Loading...

Dengan banyaknya pengguna smartphone saat ini , marak juga pengembang aplikasi yang jitu sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan para pengguna android. Para pengembang aplikasi memang selalu meraba-raba ide atau gagasan sebagai Bypass beberapa cara-cara penting yang banyak peminatnya. Demikian  juga salah satu pengembang aplikasi Oasis Feng ini. mereka mengembangkan aplikasi yang membantu memperbesar sisa RAM yang terpakai di android. Aplikasi Greenify ini terbukti ampuh untuk mempercepat dan memperlancar multi tasking dengan cara menidurkan aplikasi yang tidak bekerja, istilah kata lainnya adalah  hibernasi. 
Baca : Cara Menambah Kapasitas RAM Tanpa Root Menggunakan Aplikasi Greenify

Meskipun begitu ada dampak atau efek yang perlu kita ketahui bersama jikalau kita memakai fasilitas aplikasi yang berlambangkan daun hijau yang sangat khas ini. Dan berikut rangkuman dan penjelasan bila kita melakukan hibernasi dengan aplikasi Greenify dan sejenisnya.

Dampak dari Hibernasi Pada Android

Kita mestinya harus cermat dalam memilih aplikasi apa saja yang harus dihibernasi dan aplikasi apa yang tidak perlu dihibernasi. Salah dalam memiliih aplikasi bisa jadi dapat menyebabkan aplikasi tersebut menjadi bermasalah. Apa sajakah masalah tersebut? Berikut ini akan diuraikan satu-persatu hal apa yang akan terjadi ketika menghibernasi aplikasi.

1. Tidak Bekerja Sempurna
Ada aplikasi yang dapat mengupdate otomatis, ada aplikasi yang dapat membackup data otomatis, ada aplikasi yang dapat mengupload file otomatis, dan ada juga aplikasi yang dapat mensinkronisasi kontak otomatis. Semua tugas dari aplikasi tersebut tidak akan bekerja jika aplikasi yang bersangkutan dihibernasi. Menghibernasi berarti menidurkan aplikasi tersebut. Tugas dan Fungsi aplikasi tersebut juga akan diberhentikan jika tidak digunakan. Cara ini akan menonaktifkan tugas aplikasi tersebut yang serba otomatis.

Proses hibernasi dapat mencabut permintaan aplikasi yang telah dibuat sebelumnya kepada sistem. Ini akan membuat kerja sistem menjadi ringan namun efek sampingnya akan membuat aplikasi yang telah dihibernasi menjadi tidak otomatis lagi.

2. Kehilangan Notifikasi
Pada sebagian besar aplikasi terutama aplikasi sosial, harus terus berjalan secara diam-diam untuk tetap mendapatkan sebuah notifikasi. Aplikasi tersebut secara konsisten akan terus mensinkronisasikan diri terhadap suatu server (dari aplikasi tersebut) secara teratur. Hibernasi pada aplikasi ini akan memberhentikan aplikasi dari latar belakang saat aplikasi tersebut tidak melakukan proses apapun.

Saat aplikasi sedang menjalankan suatu proses penting seperti sinkronisasi yang sedang berlangsung, maka hibernasi pada aplikasi tersebut tidak akan terjadi. Greenify akan menunggu sampai proses tersebut selesai. Barulah ketika aplikasi tersebut Menganggur, Greenify akan segera menghibernasi aplikasi tersebut.
Setelah aplikasi ini telah dihibernasi, aplikasi ini akan berhenti dari segala tugas apapun. Aplikasi akan diam dan tidak lagi berjalan di latar belakang. Jika ada notifikasi yang masuk pasti tidak akan sampai kepada aplikasi ini dan aplikasi pun tidak bekerja seperti yang diharapkan.

Pada aplikasi Greenify Pro, Sebuah pesan push dari GCM (Google Cloud Messaging) diizinkan untuk membangunkan aplikasi yang terhibernasi. GCM adalah sebuah layanan yang dijalankan oleh Layanan Google Play yang berfungsi untuk menjalankan push notifikasi. Karena GCM memiliki banyak batasan dalam memberikan pesan push, maka sebagian besar aplikasi hanya menggunakan GCM untuk notifikasi tertentu (seperti update dll) dan bukan sebagai sumber utama dalam memberikan notifikasi.

3. Hilangnya Event Tertentu
Di dalam sistem operasi Android tersemat beberapa Event yang berfungsi untuk menjalankan suatu tugas saat kondisi tertentu. Pernahkah Anda perhatikan ketika setelah selesai menginstall aplikasi tertentu, beberapa saat kemudian aplikasi lain seperti Clean Master memberitahukan bahwa aplikasi tersebut aman dan tidak mengandung virus? Ini terjadi karena sebelumnya Clean Master telah membuat permintaan kepada sistem untuk menjalankan tugas ketika menginstall dan uninstall aplikasi.

Saat aplikasi Clean Master di hibernasi, maka Clean Master tidak akan lagi terbangun ketika suatu event tersebut terjadi. Contoh lain adalah aplikasi pihak ketiga seperti pengingat jadwal. Pengingat jadwal ini tidak berjalan di latar belakang, namun hanya berjalan ketika suatu event terjadi. Event tersebut tidak lain adalah pada jam-jam tertentu sesuai dengan permintaan pengguna pada jadwal yang dibuatnya. Jika aplikasi pengingat jadwal ini dihibernasi, maka aplikasi ini tidak akan dibangunkan ketika waktu telah menunjukkan jadwal tersebut. Hal ini juga akan terjadi ketika Anda menghibernasi aplikasi Jam Alarm.

4. Hubungan Aplikasi Terputus
Menghibernasi aplikasi dapat memutuskan hubungan antar aplikasi. Ini dapat terjadi jika Anda memotong jalur akses aplikasi yang telah dihibernasi. Dengan terputusnya kerjasama antar aplikasi ini dapat mengakibatkan kesalahan ketika ada aplikasi tertentu yang memerlukan autentikasi dari aplikasi lain.
Sebagai contoh aplikasi Instagramm, Instagram memerlukan sebuah otentikasi dari aplikasi Facebook untuk dapat berjalan. Ketika membuka aplikasi Instagram, secara diam-diam aplikasi Instagram juga akan membuka aplikasi Facebook. Aplikasi Facebook sendiri juga akan memanggil apikasi lainnya seperti aplikasi Messeger.

Sebagai contoh, cobalah Anda tutup aplikasi Facebook dan Messeger atau menghibernasinya dengan aplikasi Greenify. Kemudian coba Anda buka aplikasi Instagram beberapa saat kemudian. Secara perlahan aplikasi Facebook dan Messeger akan berjalan kembali di latar belakan bukan? Aplikasi Instagram inilah yang membangunkan mereka.

Saat Anda memotong jalur akses dari aplikasi Instagram ke Facebook, sebenarnya tidak ada masalah. Namun jika ada aplikasi atau game lain yang juga menggunakan otentikasi dari aplikasi Facebook akan menjadi masalah baru. Game atau aplikasi tersebut tidak dapat login melalui Facebook.

5. Berbahaya
Menghibernasi dapat membahayakan bika Anda menghibernasi aplikasi sistem yang seharusnya tidak boleh untuk dihibernasi. Menghibernasi berarti menghentikan total tugas dari aplikasi tersebut dan ini akan berpengaruh besar jika Anda menghibernasi aplikasi sistem yang sangat penting.

Aplikasi SmsPush atau aplikasi sistem yang digunakan sebagai server untuk pesan singkat (SMS) tidak boleh dihibernasi. Jika Anda melanjutkan untuk menghibernasi aplikasi sistem ini, maka yang terjadi pesan singkat (SMS) tidak akan masuk ke ponsel kita sampai ada aplikasi lain yang membangunkan aplikasi SMSPUSH ini.

Aplikasi Jam Alarm juga bagusnya tidak perlu dihibernasi. Jika aplikasi Jam Alarm ini bersikeras untuk dihibernasi, maka yang terjadi Alarm tidak akan berfungsi dengan normal. Hal ini terjadi karena Event alarm dari Register Android di nonaktifkan dari aplikasi Jam Alarm.

Demikian ulasan singkat dan semoga bermanfaat. Bagaimanapun kita harus bijak dan tahu dalam menggunakan sebuah aplikasi

Loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon