Jual Firmware Android

Thursday, 14 September 2017

Cara Mudah Mengatasi ‘Camera Failed’ di Hp Samsung Galaxy

Loading...

Ketika tengah asyik-asyiknya memotret untuk mengambil gambar, tiba-tiba muncul pesan error ‘Camera Failed’? Banyak sekali yang mengeluhkan tentang munculnya pesan error seperti‘Warning : Camera Failed’ yang terjadi di perangkat Android, dan itu tampaknya terjadi paling sering di smartphone besutan Samsung seperti Samsung Galaxy S, Grand Prime, Galaxy Young, atau ponsel Samsung yang lain. Kabar baiknya adalah, itu hanyalah sekedar masalah software bukannya terdapat kerusakan pada kameramu. Berikut ini akan kami uraikan bagaimana cara mengatasi ‘camera failed’ pada perangkat Samsung yang anda miliki.


Cara-cara berikut ini juga tidak sulit untuk diterapkan dan tidak memerlukan banyak waktu, namun yang harus kamu pastikan adalah android kamu memiliki daya baterai yang mencukupi sebelum kamu mencoba melakukan langkah berikut. Karena, bila kapasitas baterainya terlalu rendah, maka kameranya seringkali tidak bekerja, maka ada baiknya jika kamu memastikan semuanya dulu sebelum kamu memulai hal yang lain. Dalam beberapa kasus, cara mengatasi problem ini tidak akan  hilangnya foto atau data di memori perangkatmu, tetapi sebaiknya terlebih dahulu anda back-up semua data penting, terutama jika kamu sampai pada titik dimana kamu perlu melakukan factory reset.

Cara mengatasi ‘Camera Failed’ di Samsung Galaxy S3, Galaxy S4, atau seri Galaxy lainnya


Langkah 1

Dalam beberapa kasus, error ‘Camera Failed’ terjadi karena aplikasi kamera sedikit berantakan. Kamu bisa memecahkan masalah ini dengan sedikit pembersihan yang sangat sederhana. Caranya, pergi ke Setting > Application Manager / Apps, lalu sapu ke kiri ke bagian All Apps (Semua). Gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi Camera, lalu pilih. Lalu, tekan Force Stop, kemudian Clear Cache, kemudian Clear Data.

Kamu tak perlu khawatir, cara ini tidak akan menghapus foto yang kamu punya, namun hanya akan menghapus settingan kameramu, sehingga kamu harus mengatur dari awal lagi. Reboot atau restart hp-mu dan lihatlah apakah cara itu berhasil.

Langkah 2

Jika masih belum berhasil, langkah selanjutnya adalah dengan menghapus ‘Cache partition’. Untuk melakukan hal tersebut, matikan terlebih dulu ponselmu dan lalu tekan dan tahan tombol Volume Up, Power, dan Home. Saat ponselnya bergetar, lepaskan tombol Power, namun tetap tahan tombol Volume Up dan Home. Saat kamu sudah melihat layar ‘Android Recovery’, maka navigasikan ke pilihan ‘Wipe Cache Partiotion’ menggunakan tombol volume down dan gunakan tombol Power untuk memilihnya. Hal ini tidak akan menghapus semua data-datamu, namun akan mereset cache aplikasi, yang mana bisa menyelesaikan masalah kamera gagal.

Langkah 3


Masih belum berhasil juga? Maka kini saatnya melakukan pilihan selanjutnya : Factory Reset. Pastikan bahwa kamu sudah mem-backup segala sesuatu yang kamu perlukan terlebih dulu, karena hal ini akan mengembalikan kembali ponselmu ke kondisi bentukan pabrik yang awal tanpa adanya satupun barangmu yang ada didalamnya.

Langkah 4

Masih tetap tak ada bedanya? Hapus aplikasi kamera bawaanmu, dan cobalah menggunakan aplikasi Google Camera (membutuhkan versi KitKat atau diatasnya) atau gunakan salah satu aplikasi kamera pihak ke tiga yang sudah banyak tersedia di Play Store.  Meski begitu, kamu tetap harus membaca ulasannya dengan hati-hati:karena ada beberapa aplikasi kamera Android yang jauh lebih baik daripada aplikasi yang lainnya.


Cara mengatasi ‘camera failed’ di Samsung Galaxy S5


Bila yang mengalami error ini adalah Galaxy S5 milikmu, maka ada kabar baik dan kabar buruknya juga. Kabar baiknya adalah, sangat tinggi peluangnya jika error ‘camera failed’ ini kasusnya sama dengan yang terjadi di S3 atau S4, sehingga solusi untuk mengatasinya pun juga sama. Kabar buruknya adalah penyebab lainnnya ada kemungkinan  kecil bahwa perangkatmu mengalami kerusakan ‘Hardware’, Sebabbeberapa ponsel S5 ada yang mengalami kerusakan kamera.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah diuraikan diatas, namun jika tak ada satupun yang berhasil, maka kamu perlu berbicara kepada counter, dealer, distributor, atau pihak Samsung itu sendiri, tergantung dimana kamu membeli S5 tersebut, untuk mengadukan masalahmu. Apabila anda bisa bongkar, lakukanlah secara hati-hati.


Cara mengatasi ‘Camera Failed’ di Samsung Galaxy S6 / S6 Edge


Isu mengenai error ‘camera failed’ di Galaxy S6 / S6 Edge sangat jarang terjadi, namun beberapa pengguna ada yang pernah mengalaminya. Dalam sebagian besar kasus, masalah tersebut muncul di aplikasi kamera pihak ke tiga yang membuat segala sesuatu menjadi berantakan, jadi lakukan booting dalam safe mode untuk mengujinya. Caranya, matikan ponselmu, lalu tekan dan tahan tombol Power, dan saat logo Samsung muncul, lepaskan tombolnya dan tahan tombol ‘Volume Down’ sebagai gantinya. Kini, ponselmu akan restart dalam posisi safe mode.

Apabila kameranya bisa berfungsi pada mode ini, berarti kamu tidak mengalami masalah dengan hardware atau firmwarenya. Dan sayangnya jika kameranya tidak berfungsi dalam posisi safe mode, maka bisa jadi masalahnya terletak pada hardware atau firmware. Tapi meski begitu, jangan terburu-buru mengadukannya ke penyalur, coba dulu untuk melakukan langkah yang sudah disebutkan diatas. Dalam banyak kasus, melakukan factory reset bisa membuat smartphonemu bisa berfungsi seperti sedia kala, termasuk pada kameranya.

Loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon